Home Tutorial Arsip E-Book About

Jumat, 12 September 2008

SMP NEGERI 2 KARANG BARU

A. Standar Kompetensi Tamatan SMP Negeri 2 Karang Baru.

Kompetensi tamatan akan tergambar dalam bentuk unjuk kerja sebagai aktifitas nyata maupun aktifitas tersembunyi, meliputi:

Ø Memiliki akhlak dan budi pekerti luhur

Ø Pengembangan penguasaan pengetahuan, yang dicirikan dengan proses mencari tahu untuk menginterprestasikan informasi.

Ø Pengembangan keterampilan yang dicirikan dengan ketaatan prosedur, tepat waktu, tahan bosan, akurasi dan teliti.

Ø Pengembangan kemampuan nalar dicirikan dengan penciptaan ide baru, memandang masalah dengan cara baru, merencanakan penanggulangan masalah secara sistematik


B. Alokasi Waktu Pembelajaran

Ø Lama pendidikan 3 tahun.

Ø Satuan waktu belajar tingkat I, 2000 jam pelajaran, tingkat II 2000 jam pelajaran, dan tingkat III 1800 jam pelajaran.

Dalam pelaksanaan pembelajaran dapat diatur penggunaan waktu belajar di sekolah

C. Staf Pengajar SMP Negeri 2 Karang Baru.

SMP Negeri 2 Karang Baru memiliki staf pengajar dengan latar belakang pendidikan dan kemampuan keahlian kejuruan (spesialisasi) yang disertifakasi kompetensi standart nasional, pada kompetensi tertentu dan untuk mendapatkan pengalaman yang lebih nyata dilapangan.

Sebagai kelengkapan jaminan mutu tamatan, serta untuk dapat mengikuti perkembangan Iptek sekolah mengirim staf pengajar untuk ditatar/upgrade kepusat-pusat penataran.


D. Sarana dan Prasarana Sekolah

Sarana dan prasarana yang dimaksud adalah faktor fisik dan nonfisik sebagai penunjang atau pendukung terlaksananya program sekolah SMP Negeri 2 Karang Baru.

a. Gedung Sekolah

Gedung yang cukup dan tergolong lengkap, dengan semua ruang kelas, kantor Administrasi, ruang guru, lapangan olah raga, serta taman-taman yang indah, memberikan fasilitas yang cukup nyaman untuk kegiatan belajar.

b. Ruang Perkantoran

Ruang kantor merupakan tempat kegiatan untuk menyelenggarakan administrasi sekolah. Ruang perkantoran dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

1. Ruangan kepala sekolah

2. Ruangan guru

3. Ruangan tata usaha

4. Ruangan Kesehatan

5. Ruang tamu.

E. Pemeliharaan Lab Komputer SMP Negeri 2 Karang Baru

Pemeliharaan tempat praktek khususnya lab komputer dengan cara melakukan cleaning atau pembersihan setiap hari juga dilakukan sebelum memulai kegiatan kerja atau diusahakan ruangan dibersihkan sebelum meninggalkan ruangan praktek.

F. Pemeliharaan dan Perbaikan alat SMP Negeri 2 Karang Baru

Untuk menjamin kelangsungan lab komputer yang baik, nyaman, maka perlu pemeliharaan secara rutin. Setiap hari praktek disisikan waktu kerja untuk pembersihan secara menyeluruh terhadap peralatan lab.

Diruangan maupun dipekarangan lab dilarang membuang sampah sembarangan dan membuang setiap sampah pada tempat yang telah disediakan

G. Visi dan Misi

Ø visi

Terdidik dan terampil berdasarkan ImTaq (Iman dan Taqwa) .

Ø misi

1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan akhlakul karimah secara efectif, sehingga setiap siswa dapat mengembangkan dirinya secara optimal sesuai dengan tuntunan agama.

2. Memotivasi siswa untuk belajar lebih giat agar berkembang potensi yang di milikinya, sehingga berhasil dengan baik dan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

3. Membina kesadaran terhadap disiplin, bagi seluruh waraga sekoalah.


4. Melaksanakan praktek ibadah dan kegiatan keagamaan secara priodik untuk menumbuhkan kesadaran siswa dalam pengamalan ajaran agama.

5. Membina kesadaran siswa, agar saling membantu/ mennghormati sesame warga sekolah.

6. melaksanakan bimbingan belajar tambahan di luar jam sekolah.

7. Melaksanakan kunjungan social untuk memupuk semangat, kekeluargaan bagi setiap warga sekolah.

8. membentuk pribadi yang bertanggunng jawab terhadap dirinya, keluarga dan bangsa.

Tidak ada komentar: